Lampu yang digunakan pada ponsel kebanyakan berjenis LED. LED atau Light Emitting Diode merupakan suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Gejala ini termasuk bentuk elektroluminesensi. Warna yang dihasilkan bergantung pada bahan semikonduktor yang dipakai, dan bisa juga ultraviolet dekat atau inframerah dekat. Lampu jenis ini memang dikenal hemat daya. Karena itu produk ini semakin sering kita temui belakangan ini.
Namun untuk membuat sebuah layar atau keyboard bisa menyala secara merata, tidak cukup hanya satu LED, melainkan perlu beberapa buah LED. Dan juga harus ada sistem distribusi cahaya yang baik yang dibantu oleh reflektor, sehingga nyala lampu akan terlihat merata.
Untuk menyalakan rangkaian LED, diperlukan suatu rangkaian penggerak atau lebih dikenal dengan istilah driver. Banyak cara untuk menggerakkan LED ini, atau dengan kata lain banyak jenis driver rangkaian LED pada sebuah ponsel. Kali ini VTiga mendapat kasus BlackBerry 9800 mengalami kerusakan pada lampu keypad.
Rangkaian driver lampu LCD terkadang sama dengan rangkaian keypad. Tapi tidak selalu seperti itu juga, layaknya di ponsel BlackBerry 9800.